Selasa, 03 April 2012

KEBENARAN


Di antara kita tentu pernah mengatakan kata “kebenaran” atau bertanya-tanya tentangnya. Adakah kebenaran di dunia ini? Apa yang terjadi dan harus di lakukan jika ada banyak “klaim kebenaran”? Tidakkah kebenaran itu satu saja? apakah ia secara pasti dibutuhkan manusia? Bagaimana kita bisa memenuhi atau mencapai kebenaran?

Disadari atau tidak memang kata ini memiliki arti penting dalam hidup seseorang, bahkan semua orang. Penting karena untuk mengejar tujuan hidupnya, suatu kebenaran akan dijadikan sebagai petunjuk bagi setiap orang dalam melakukan tindakan sadarnya .

Definisi Kebenaran
Kebenaran secara sederhana dapat diartikan dengan adanya kesesuaian persepsi dalam benak (seseorang) dengan realitas/kondisi yang nyata. Misalnya, pe
rkataan seseorang dapat dikatakan benar bila ada kesesuaian antara apa yang dikatakan dengan kenyataan. Bila ada ketidaksesuaian, maka orang tersebut dikatakan berbohong. Orang yang berbohong artinya dia tidak mengatakan kebenaran. Kebenaran hanya dapat ditutupi oleh dua hal; Pertama kebodohan atau kebelumtahuan, Kedua hawa nafsu atau interest pribadi.

Kebodohan atau kebelumtahuan menyebabkan orang melihat hanya sebagian saja realitas berdasarkan suatu pengetahuan. Ketika seseorang hanya mengetahui sebagian saja dari hakikat sesuatu, maka kebenaran yang dipahaminya akan menjadi sebagian (parsial) juga atau disebut belum sempura/mutlak. Sementara hawa nafsu atau ego pribadi akan membuat seseorang menutup-nutupi kebenaran itu demi memenuhi keinginan ego (hawa nafsu), gengsi atau kepentingan pribadinya. Ketika manusia sudah mau dan mampu menghilangkan segala kebodohan/ kebelumtahuan dan mengendalikan hawa nafsunya, maka dia akan dengan segera mendapatkan cahaya terang dari kebenaran.

Hal inilah sebenarnya yang menjadi misi manusia di dunia. Yakni mencapai kebenaran sejati, menuju suatu kesempurnaan. Dalam bahasa agama dikenal istilah Insan Kamil, wujud seorang manusia yang paripurna, yang telah yang mampu meraih kebenaran.

0 komentar:

Posting Komentar